Kamis, 24 Agustus 2017

Pengenalan Cisco

Asalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh


PENGERTIAN
adalah seorang Amerika multinasional teknologi konglomerat yang berkantor pusat di San Jose, California , di pusat Silicon Valley , yang mengembangkan, memproduksi, dan menjual perangkat keras jaringan , peralatan telekomunikasi , dan lainnya teknologi tinggi layanan dan produk. Melalui berbagai anak perusahaan yang diakuisisi, seperti OpenDNS , WebEx , dan Jasper , Cisco mengkhususkan diri ke pasar teknologi tertentu, seperti Internet of Things (IoT), keamanan domain, Dan manajemen energi .

Cisco adalah perusahaan jaringan terbesar di dunia. Saham tersebut ditambahkan ke Dow Jones Industrial Average pada 8 Juni 2009, dan juga termasuk dalam Indeks S & P 500 , Indeks Russell 1000 , Indeks NASDAQ-100 dan Indeks Pertumbuhan Saham Russell 1000.

Cisco Systems didirikan pada bulan Desember 1984 oleh Leonard Bosack dan Sandy Lerner , dua ilmuwan komputer Universitas Stanford , yang mempelopori konsep jaringan area lokal (LAN) yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang berbeda secara geografis melalui sistem router multiprotocol . Pada saat perusahaan go public pada tahun 1990, ketika terdaftar di NASDAQ , Cisco memiliki kapitalisasi pasar sebesar $ 224 juta. Cisco adalah perusahaan yang paling berharga di dunia pada tahun 2000, dengan kapitalisasi pasar lebih dari $ 500 miliar.

LATAR BELAKANG
Mengetahui Cisco dan sedikit sejarahnya

PEMBAHASAN

Tentang CISCO :


Cisco System (Cisco) menjual jaringan dan komunikasi teknologi, peralatan dan pelayanan untuk transportasi data, suara dan video ke seluruh dunia. Produk perusahaan dan pelayanan terdiri dari beberapa kategori diantaranya adalah router, swicth, network access, IP telephony, keamanan, Jaringan fiber optik, jaringan data center, jaringan via sinyal, jaringan untuk rumah, dukungan layanan teknis dan pelayanan jaringan.
Produk Cisco di tujukan kepada korporate bisnis, institusi umum, perusahaan telekomunikasi dan segala jenis ukuran bisnis juga sampai ke rumah rumah. Perusahaan Cisco juga menyediakan produk yang digunakan untuk mengantar data, suara, video untuk antar gedung, antar kampus dan seluruh dunia. Model pengelolaan bisnis Cisco lebih ke globalisasi dan termanagement melalui 5 bagian negara yaitu ; Canada, Eropa, Asia pasifik dan jepang serta market yang ada.
Untuk History Of Cisco anda bisa kunjungi DISINI


Cisco merupakan Perusahaan yang hampir sama dengan Mikrotik, tetapi Cisco membuat perangkatnya sendiri dan mengisi OS nya sendiri. Untuk Cisco di Indonesia memang belum merata seperti Mikrotik karena biayanya yang mahal dan konfigurasinya yang sedikit rumit. Tetapi di balik itu semua ada banyak nilai positifnya.
Antara lain :
~ Kinerjanya sangat Optimal
~ Perangkatnya tahan segala medan
~ sudah untuk di BOBOL
~ Kekuatan sinyal jaringan yang bagus

di Cisco juga ada tingkatan untuk Sertifikasinya

1. CCNA
Untuk jenjang Associate, sertifikasi Cisco yang dapat dimiliki adalah CCNA(Cisco Certified Network Associate) yang kemudian dilanjutkan dengan sertifikasi CCNA berikutnya yang mengarah pada salah satu spesialisasi jaringan komputer yaitu : CCNA Voice, CCNA Security, dan CCNA Wireless.
Untuk mendapatkan CCNA Anda dapat mengikuti terlebih dahulu training yang diselenggarakan oleh Cisco Networking Academy atau Cisco Learning Partner dan melanjutkannya dengan ujian sertifikasi. Selain CCNA sertifikasi lain yang masuk dalam jenjang ini adalah CCDA (Cisco Certified Design Associate).

2. CCNP
Pada jenjang berikutnya yaitu Professional, sertifikasi yang paling populer dimiliki adalah CCNP (Cisco Certified Network Professional). Sertifikasi ini menyatakaan bahwa pemiliknya memiliki pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk menginstalasi, mengkonfigurasi, dan melakukan troubleshooting jaringan LAN / WAN dengan jumlah antara 100 sampai dengan 500 buah perangkat jaringan.
Untuk memilikinya disyaratkan yang bersangkutan telah memiliki CCNA.Pada level professional selain CCNP juga ada sertifikasi lain yang memiliki jenjang yang sama yaitu : CCDP, CCIP, CCSP, dan CCVP.

3. CCIE
Jenjang paling puncak adalah Expert, pada jenjang ini pemiliki sertifikat dinyatakan sebagai pakat dalam teknologi jaringan sesuai dengan kualifikasi yang tertera dalam sertifikat tsb. Nama sertifikatnya adalah CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert).
Berbeda dengan sertifikat sebelumnya yang diperoleh dengan basis tes yang sifatnya tertulis maka pada ujian sertifikasi CCIE selain tertulis (written) juga praktek langsung (lab) sehingga tingkat kesulitannya lebih tinggi.



Sekian dari saya 

Wasalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh






Share this:

Related Posts
Disqus Comments