Senin, 07 Agustus 2017

Fiber Optic untuk Transfer data lebih cepat

Asalamualaikum Warahmatulahi Wabaraktuh

PENDAHULUAN
Serat optik atau serat optik adalah fleksibel, serat transparan yang dibuat dengan kaca ( silika ) atau plastik untuk diameter sedikit lebih tebal dari yang dari rambut manusia . Serat optik digunakan paling sering sebagai alat untuk mentransmisikan cahaya antara dua ujung serat dan menemukan penggunaan luas dalam komunikasi serat optik , di mana mereka mengizinkan transmisi dalam jarak yang lebih jauh dan pada bandwidth yang lebih tinggi (kecepatan data) daripada kabel kawat .

LATAR BELAKANG
diperlukannya bandwidth yang besar dan kecepata yang tinggi, makan penggunaan Fiber Optic sangat bermanfaat.

MAKSUD DAN TUJUAN
seiring kemajuan jaman kebutuhan transfer data sangar besar terjadi, salah satu medianya dengan kabel, Fiber optic sangat cocok untuk transfer data dengan skala yang besar dengan keepatan hingga Gigabyt.

PEMBAHASAN

HFC ( Hybrid Fiber Coaxial )
~ Merupakan gabungan kabel fiber optic dengan kabel koaksial, kabel serat optic dipasang mulai dari penyedia layanan hingga fasilitas yang dipasang didekat rumah, dan selanjutnya dari fasilitas tersebut ke rumah menggunakan kabel koaksial.
~Kabel koaksial dinamakan " feeder circuit "
~Diperlukan perangkat tambahan untuk menghubungkan kabel koaksial dengan kabel optic.
~Pertamakali atau cikalbakal HFC adalah seorang operator televisi kabel di USA mencapai titik kritis dimana permintaan bandwidth yang sangat tinggi menekan kualitas sinyal dan kinerja sistim. Kondisi ini memaksa para operator mencari pemecahan untuk memperbaiki kualitas sinyal maupun kinerja tanpa namun dengan memiliki bandwidth layanan yang tinggi pula. Solusinya adalah membangun jaringan HFC.


~ Fitur fitur HFC : 1. Reuse Tv kabel koaksial
                               2.  500 sampai 1200 rumah per HFC link
                               3. 45 Mbps downstream , 1.5 Mbps upstream
                               4. Kualitas gambar lebih baik
                               5. bandwidth besar dengan investasi rendah


FTTH ( Fiber To The Home ) , merupakan suatu format penghantaran isyarat optik dari pusat penyedia (provider) ke kawasan pengguna dengan menggunakan serat optik sebagai medium penghantaran. 


lengkapnya ada disini

FTTP ( Fiber To The Premises ), dari penyedia layanan ke suatu tempat atau blog atau perumahan.

FTTC ( Fiber To The Curb ), Jaringan dimana serat optik digunakan hanya di bagian tertentu saja, namun tidak dari dari OLT ke enduser.

FTTN ( Fiber To The Node ),  adalah salah satu dari beberapa pilihan untuk menyediakan layanan telekomunikasi kabel ke beberapa tujuan. Serat ke node membantu menyediakan koneksi broadband dan layanan data lainnya melalui kotak jaringan umum, yang sering disebut node.


FTTx ( mencakup ke 4 nya ), Adalah istilah generik untuk arsitektur jaringan broadband yang menggunakan serat optik untuk menyediakan semua atau sebagian lingkaran lokal yang digunakan untuk telekomunikasi mil terakhir. Karena kabel serat optik mampu membawa lebih banyak data daripada kabel tembaga, terutama pada jarak yang jauh, jaringan telepon tembaga yang dibangun pada abad ke-20 digantikan oleh serat.




Fiber Optic adaah kabel yang khusus penyambungannyapun juga memerlukan alat khusus, yaitu alat dari brand Fujikura




adapun susunan warna yang ada di kabel fiber optic

Konektor Fiber optic antara lain 


  1.  FC (Fiber Connector): digunakan untuk kabel single mode dengan akurasi yang sangat tinggi dalam menghubungkan kabel dengan transmitter maupun receiver. Konektor ini menggunakan sistem drat ulir dengan posisi yang dapat diatur, sehingga ketika dipasangkan ke perangkat lain, akurasinya tidak akan mudah berubah.
  2. SC (Subsciber Connector): digunakan untuk kabel single mode, dengan sistem dicabut-pasang. Konektor ini tidak terlalu mahal, simpel, dan dapat diatur secara manual serta akurasinya baik bila dipasangkan ke perangkat lain.
  3. ST (Straight Tip): bentuknya seperti bayonet berkunci hampir mirip dengan konektor BNC. Sangat umum digunakan baik untuk kabel multi mode maupun single mode. Sangat mudah digunakan baik dipasang maupun dicabut.
  4. Biconic: Salah satu konektor yang kali pertama muncul dalam komunikasi fiber optik. Saat ini sangat jarang digunakan.
  5. D4: konektor ini hampir mirip dengan FC hanya berbeda ukurannya saja. Perbedaannya sekitar 2 mm pada bagian ferrule-nya.
  6. SMA: konektor ini merupakan pendahulu dari konektor ST yang sama-sama menggunakan penutup dan pelindung. Namun seiring dengan berkembangnya ST konektor, maka konektor ini sudah tidak berkembang lagi penggunaannya.
Warna konektor


Kesimpulan 

Fiber optic adalah perantara transfer data yang baik dan cocok untuk masa depan.

REERENSI 
EBook FO Blc Klaten 



Sekian dari saya semoga bermanfaat dan menambah wawasan 

Wasalamualaikum Warahmatulahi Wabaraktuh











Share this:

Related Posts
Disqus Comments