Sabtu, 05 Agustus 2017

Open Source bukan Gratisan


Asalamualaikum Warahmatulahi Wabaraktuh

PENDAHULUAN
PENGERTIAN
Perangkat lunak open-source ( OSS ) adalah perangkat lunak komputer dengan kode sumbernya tersedia dengan lisensi di mana pemegang hak cipta memberikan hak untuk mempelajari, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak tersebut kepada siapapun dan untuk tujuan apa pun. Perangkat lunak sumber terbuka dapat dikembangkan secara kolaboratif .

Pengembangan perangkat lunak sumber terbuka , atau pengembangan kolaboratif dari beberapa sumber independen, menghasilkan lingkup perspektif desain yang semakin beragam daripada perusahaan mana pun yang mampu mengembangkan dan mempertahankan jangka panjang. Sebuah laporan tahun 2008 oleh Standish Group menyatakan bahwa penerapan model perangkat lunak open source telah menghasilkan penghematan sekitar $ 60 miliar (£ 48 miliar) per tahun kepada konsumen.

untuk lebih lengkapnya anda bisa lihat pada WIKIPEDIA

LATAR BELAKANG
Open source bukan hanya software yang gratis melaikan OS yang bisa di kembangkan.




GNU, Apa itu GNU ?
GNU adalah akronim rekursif untuk "GNU's Not Unix" , dipilih karena desain GNU mirip dengan Unix , namun berbeda dari Unix dengan menjadi perangkat lunak bebas dan tidak mengandung kode Unix . Proyek GNU mencakup kernel sistem operasi , GNU HURD , yang merupakan fokus awal dari Free Software Foundation (FSF). Namun, non-GNU kernel, yang paling terkenal Linux , juga dapat digunakan dengan perangkat lunak GNU Karena kernel Hurd belum siap produksi, Beginilah cara sistem GNU biasanya digunakan. Kombinasi perangkat lunak GNU dan kernel Linux umumnya dikenal sebagai Linux (atau lebih jarang GNU / Linux; lihat GNU / Linux penamaan kontroversi ).

Tujuan utama dan tujuan GNU adalah menawarkan sistem yang kompatibel dengan Unix yang akan menjadi perangkat lunak bebas 100% . Tidak 95% gratis, tidak 99,5%, tapi 100%. Nama sistem, GNU, adalah akronim rekursif yang berarti GNU's Not Unix-cara memberi penghormatan kepada ide-ide teknis Unix, sementara pada saat yang sama mengatakan bahwa GNU adalah sesuatu yang berbeda. Secara teknis, GNU seperti Unix. Tapi tidak seperti Unix, GNU memberikan kebebasan penggunanya.

lebih lengkapnya anda bisa melihat di situs resmi
https://www.gnu.org/
https://en.wikipedia.org/wiki/GNU
https://id.wikipedia.org/wiki/GNU

Open Source sendiri memiliki kebebasan Pengguna :

  1. Kebebasan untuk menjalankan programnya untuk tujuan apa saja (kebebasan 0).
  2. Kebebasan untuk mempelajari bagaimana program itu bekerja serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda (kebebasan 1). Akses pada kode program merupakan suatu prasyarat.
  3. Kebebasan untuk menyebarluaskan kembali hasil salinan perangkat lunak tersebut sehingga dapat membantu sesama anda (kebebasan 2).
  4. Kebebasan untuk meningkatkan kinerja program, dan dapat menyebarkannya ke khalayak umum sehingga semua menikmati keuntungannya (kebebasan 3). Akses pada kode program merupakan suatu prasyarat juga.



Dalam proyek GNU, kami menggunakan copyleft untuk melindungi untuk semuanya, kebebasan tersebut di atas secara hukum. Namun, terdapat juga perangkat lunak bebas yang tidak copyleft. Kami memiliki alasan kuat mengapa lebih baik menggunakan copyleft, namun kami akan tetap memanfaatkan program anda yang tidak copyleft. Lihat juga kategori dari perangkat lunak bebas yang menjelaskan keterkaitan antara “perangkat lunak bebas,” “perangkat lunak copyleft” serta kategori perangkat lunak lainnya.

Perangkat lunak bebas bukan berarti “tidak komersial”. Program bebas harus boleh digunakan untuk keperluan komersial. Pengembangan perangkat lunak bebas secara komersial pun tidak merupakan hal yang aneh; dan produknya ialah perangkat lunak bebas yang komersial. Anda mungkin harus membayar untuk mendapatkan perangkat lunak GNU, atau mungkin juga anda mendapatkannya secara cuma-cuma. Terlepas dari cara mendapatkan perangkat lunak tersebut, anda akan selalu bebas untuk menyalin dan mengubah perangkat lunak tersebut, atau pun untuk menjualnya.

jadi disini bagaimana perasaan anda jika karya anda yang sudah anda buat dan anda bangun yang tujuannya untuk dijual malah dibajak, untuk mengatasi hal tersebut gunakanlah software yang open source, karena anda juga bisa mengembangkannya sendiri.


Kelebihan dan Kekurangan

Selain itu, biaya pemasaran dan layanan logistik yang lebih rendah dibutuhkan untuk OSS. OSS juga membantu perusahaan tetap mengikuti perkembangan teknologi. Ini adalah alat yang bagus untuk mempromosikan citra perusahaan, termasuk produk komersialnya. Pendekatan pengembangan OSS telah membantu menghasilkan perangkat lunak berkualitas tinggi yang andal dengan cepat dan murah.

Pengembangan sumber terbuka menawarkan potensi teknologi yang lebih fleksibel dan inovasi yang lebih cepat. Dikatakan lebih dapat diandalkan karena biasanya ada ribuan programmer independen yang menguji dan memperbaiki bug dari perangkat lunak. Ini fleksibel karena sistem modular memungkinkan pemrogram membangun antarmuka khusus, atau menambahkan kemampuan baru ke dalamnya dan ini inovatif karena program open source adalah produk kolaborasi di antara sejumlah besar pemrogram yang berbeda. Campuran perspektif yang berbeda, tujuan perusahaan, dan tujuan pribadi mempercepat inovasi.

Apalagi software gratis bisa dikembangkan sesuai dengan persyaratan teknis semata. Ini tidak memerlukan pemikiran tentang tekanan komersial yang sering menurunkan kualitas perangkat lunak. Tekanan komersial membuat pengembang perangkat lunak tradisional lebih memperhatikan persyaratan pelanggan daripada persyaratan keamanan, karena fitur semacam itu agak tidak terlihat oleh pelanggan

contoh OS Open source adalah




unuk contoh software atau aplikasi
Hasil gambar untuk aplikasi opensource



untuk membaca lebih lengkapnya anda bisa kunjungi beberapa situs dibawah

https://en.wikipedia.org/wiki/Open-source_software
https://www.gnu.org/
https://www.linux.or.id/





SEKIAN DARI SAYA SEMOGA BISA MENJADI TAMBAHAN WAWASAN,


Wasalamualaikum Warahmatulahi Wabaraktuh


Share this:

Related Posts
Disqus Comments