Kamis, 06 Juli 2017

PAHAM SOP? ANDA SIAP KERJA

Asalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh



Pertama anda harus tau 
pengertian SOP

SOP adalah suatu set instruksi (perintah kerja) terperinci dan tertulis yang harus diikuti demi mencapai keseragaman dalam menjalankan suatu pekerjaan tertentu (detailed, written instructions to achieve uniformity of the performance of a specific function) dengan berpedoman pada tujuan yang harus dicapai. 


Manfaat SOP diantaranya -->

  1. Sebagai standard acuan yang digunakan oleh seluruh karyawan, baik atasan maupun bawahan dalam melakukan tugas-tugasnya sehingga lebih terarah dan tepat guna.
  2. Sebagai alat untuk mengurangi faktor kesalahan dan ketidak disiplinan karyawan dalam melakukan proses kerja.
  3. Menghindari “error” dalam proses kerja.
  4. Memudahkan proses pemberian tugas serta tanggung jawab kepada pegawai yang menjalankannya.
  5. Memudahkan proses pemahaman (penguasaan tugas) staff secara sistematis dan general.
  6. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas karyawan baik secara individu maupun kelompok.
  7. Meningkatkan kemandirian karyawan sehingga tidak selalu tergantung pada manajemen/pimpinan dalam menjalankan tugasnya.


Mengapa setiap pekerja harus PAHAM SOP

Sesuai dengan perkembangan perusahaan dan kompleksitas bisnis serta dinamika yang ada, peran SOP semakin dibutuhkan dalam perusahaan sebagai pedoman dalam melakukan suatu proses pekerjaan. Bisa dibayangkan, tanpa pedoman yang baku (SOP) tentunya akan menimbulkan kebingungan di antara karyawan.
Seringnya permasalahan timbul dan problem yang selalu berulang-ulang membuat banyak karyawan frustasi sementara pimpinan sibuk dengan pekerjaannya dan tidak ada waktu untuk mengurusi problem yang terjadi di dalam unit bisnisnya. JIka ada problem yang selalu terjadi berulang-ulang, sudah dapat dipastikan sumber penyebabnya adanya kesalahan dalam prosedur kerja dan hal itu hanya dapat diperbaiki dengan cara mendesain ulang SOP yang sudah ada. Dalam SOP yang baik diatur bagaimana proses pekerjaan dilakukan, siapa yang harus mengerjakan, siapa yang bertanggung jawab, siapa yang memberi persetujuan, kapan dilakukan, dokumen apa yang harus disiapkan dan lain-lain.
Karena sangat pentingnya SOP, maka seluruh karyawan baik di level pelaksana maupun pengawas, harus mampu merencanakan, membuat dan mendesain ulang SOP-SOP yang sudah ada. Untuk itu HRD Forum menawarkan sebuah pelatihan terfokus guna memberikan pemahaman baru bagaimana cara membuat dan mendesain ulang SOP sehingga SOP nya mampu membawa perusahaan ke arah yang lebih baik.

Prinsip-Prinsip SOP


  1. Konsisten
  2. Komitmen
  3. Perbaikan berkelanjutan
  4. Mengikat
  5. Seluruh unsur memiliki peran penting
  6. Terdokumentasi dengan baik
Siapa Yang menyusun SOP

Idealnya SOP disusun oleh 1 tim yang terdiri atas :
  1. Penulis SOP
  2. Pelaksana lapangan
  3. Pengawas lapangan
  4. Atasan pengawas
Kuntungan dibuatnya SOP

  1. SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana, dan sarana komunikasi antara pelaksana dan pengawas, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan secara konsisten.
  2. Para pekerja akan lebih percaya diri dalam bekerja karena tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan.
  3. SOP bisa digunakan sebagai salah satu alat training dan untuk mengukur kinerja karyawan.
Referensi

http://www.isigood.com/karir-wirausaha/anda-paham-sop-anda-sudah-siap-kerja-dan-anda-siap-sukses/


Terimakasih telah berkunjung

Wasalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh

Share this:

Related Posts
Disqus Comments