Rabu, 05 Juli 2017

APA ITU LINUX?

Asalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Hari ini adalah hari ke 3 saya di BLC Klaten, hari ini saya akan berbagi tentang APA ITU LINUX.



A. PENGERTIAN
Linux adalah sebuah Operating System (OS) yang merupakan turunan dari UNIX yang pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer dan hacker UNIX diseluruh dunia.

B. LATAR BELAKANG
saya membuat ini agar para membaca paham dan tahu apa itu LINUX

C. SEJARAH




Pada tanggal 5 oktober 1991, Linus Benedict Torvalds, seorang mahasiswa Universitas helsinki di Finlandia, mengungumkan pada sebuah newsgroup bahwa dia telah berhasil menciptakan sebuah sistem operasi mirip UNIX yang sangat sederhana yang diberi nama linux, yang dikembangkan dari sistem operasi mirip UNIX.


Linux disebarkan secaraluas dengan bebas dibawah lisensi GNU(Genuine Not Unix = bukan mesin unix) General Public License (GPL) atau lisensi publik umumyang pertama kali oleh  Richard Matius Stallmanmerupakan fokus asli Free Software Foundation (FSF) pada pertengahan Tahun 1980 yang berawal dari keresahan pembatasan hak (lisensi) penggunaan sebuah perangkat lunak. Penamaan GNU GNU (Genuine Not Unix = bukan mesin unix) itu dipilih karena rancangannya mirip Unix, tetapi berbeda dari UNIX, GNU tidak mengandung kode-kodeUNIX.

Dalam proyek GNU ini digunakan dua bentuk lisensi yang bertujuan untuk melindungi kebebasan secara legal,yakni: 

1. Copyleft : siapapun yang mendistribusikan ulang program dengan atau tanpa perubahan harus memberikan kebebasan juga untuk didistribusikan lagi atau dirubah. Copyleft menjamin setiap pengguna memiliki kebebasan 

2. Non-Copyleft : siapapun yang mendistribusikan atau mengubah harus mendapat ijin dari pembuat program

Adapun filosofi open source
Ide dasar dari open source adalah sangat sederhana: Bilamana programer dapat membaca, mendistribusikan, dan memodifikasi kode sumber (listing) untuk sebuah software, maka perangkat lunak itu akan berkembang. Orang memperbaikinya, orang beradaptasi, orang memperbaiki bug. Dan ini akan menyebabkan terjadi pada percepatan pengembangan perangkat lunak, jika salah satu digunakan untuk memperlambat pengembangan perangkat lunak konvensional,tampaknya tidak masukakal. Kami dalam komunitas open source telah belajar bahwa prosesevolusi ini akan cepat menghasilkan software yang lebih baik dari pada model tertutup tradisional.

mungkin masih banyak yang bertanya tanya tentang apa itu free software coba kalian baca dibawahini.

Free sofware adalah sebuah bentuk kebebasan,mengacu ke pengguna untukmemakai, mengkopi, mendistribusikan, mempelajari, merubah maupun meningkatkan software tersebut. Secara detail artike bebasan itu dijabarkan dalam 4 hal ,yakni:  
1.bebas menjalankan program(freedom0)
2.bebas mempelajari program dan mengadaptasi sesuai dengan kebutuhan (freedom1) 
3.bebas mendistribusikan ulang (freedom2) 
4.bebas meningkatkan program dan mempublikasikannya (freedom3)



Gambar di atas merupakan turunan dari 3 Distro : DEBIAN, REDHAT, SLACKWARE.

Sedikit tentang sejarah Logo dari Linux, Saat berjalan-jalan di taman Perth bersama Andrew Tridgell, pembuat program Samba, Linus dipatok oleh Pinguin dan demam selama berhari-hari. Ia pikir karakter pinguin cocok dengan Linux. Badannya agak gemuk, santai, namun jika mematok bisa bikin demam berhari-hari. Dia menggambarkan pinguin maskot ini nantinya berbadan gemuk, agak tersenyum dan sedang istirahat. Setelah melalui pemilihan selama beberapa waktu, akhirnya diputuskan gambar pinguin yang dibuat oleh Larry Ewing merupakan deskripsi yang paling sempurna menurut keinginan Linus. Maskot ini dinamakan Tux, ditahbiskan sebagai logo Linux pada tahun 1996. Tentang penamaan Tux, merupakan kepanjangan dari Torvald + Unix = Tux.

adapun struktur direktori linux yang menggunakan struktur direktori pohon terbalik, yang dimulai dari 1 inti kemudian memiliki cabang ranting dan daun. 





Secara Standard dalam proses installasi pada linux partisi yang perlu dibuat hanya3 partisi yaitu : 

1.   /(root)             : partisi utama, yang akan diakses atau di-mount sebagai / (direktori), pada                                              lingkungan desktop hal ini di namakan system file, digunakan untuk menginstal                                    linux sama seperti C pada windows.
2. /home               : Partisi /home diperlukan untuk menghindari kehilangan data saatsistem anda                                        crash dan perludi-reistalasi. Partisi /home selain digunakan untuk tempat                                              penyimpanan data User juga digunakan oleh beberapa program untuk meletakkan                                file konfigurasinya. Sesuaikanlah ukuran partisi /home dengan kapasitas harddisk.
3. /swap                : Partisi SWAP digunakan sebagai tambahan memori ketika RAM tidak mencukupi                                 ketika sistem menjalankan suatu program.

sedikit tentang kelebihan linux
  1. Jauh lebih murah dibandingkan sistem operasi lain
  2. Memilki tingkat keamanan yang cukup baik
  3. Tampilan grafik yang baik
  4. Mudah untuk dilakukan modifikasi terhadap source code
  5. Penggunaan Linux lebih terspesifikasi



Referensi : ebook TKJ BLC Telkom Klaten



Mungkin itu dulu untuk hari ini, semoga bermanfaat 
mohon maaf bila ada salah dalam penulisan
Terimakasih telah berunjung

Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments