Rabu, 20 September 2017

Sharing SOP dan K3lh Di INDUSTRI

Asalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh

PENDAHULUAN
Pada dasarnya setiap pekerjaan memiliki SOP dan K3lh masing masing, nah disini saya akan membagikan sedikit tentang SOP dan K3lh.

PENGERTIAN
Standart Operating Prosedure ( SOP ) adalah serangaian instruksi kerja tertulis yang dibukakan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan  oleh siapa dilakukan.

K3LH adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja. K3 juga melindungi rekan kerja, keluarga pekerja, konsumen, dan orang lain yang juga mungkin terpengaruh kondisi lingkungan kerja.

Kesehatan dan keselamatan kerja cukup penting bagi moral, legalitas, dan finansial. Semua organisasi memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa pekerja dan orang lain yang terlibat tetap berada dalam kondisi aman sepanjang waktu. Praktik K3 (keselamatan kesehatan kerja) meliputi pencegahan, pemberian sanksi, dan kompensasi, juga penyembuhan luka dan perawatan untuk pekerja dan menyediakan perawatan kesehatan dan cuti sakit. K3 terkait dengan ilmu kesehatan kerja, teknik keselamatan, teknik industri, kimia, fisika kesehatan, psikologi organisasi dan industri, ergonomika, dan psikologi kesehatan kerja.


MAKSUD DAN TUJUAN
Memberikan pemahaman tentang SOP Dan K3LH kepada teman teman yang belum begitu paham

WAKTU 
2 jam

ALAT DAN BAHAN
~ Laptop 
~ LCD Proyektor
~ Internet

PEMBAHASAN
Hari ini teman teman baru belum mendapat pemahaman tentang SOP dan K3LH jadi jadwal hariini adalah sharing,









Dari semua yang dilakukan hari ini, mulai dari mas Rizky yang sharing tentang SOP, apa itu SOP, manfaat untuk dunia kerja, fungsinya, kapan dibuat SOP, siapa yang membuat SOP, 
setelah mas Rizky ada mas Fendi yang sedikit memaparkan tentang K3LH melalui gambar gambar.

setelah istirahat Pak Nungki sedikit mengevaluasi yang tadi pagi, dan sorenya mas Aji Kamaludin maju untuk sekedar ngobrol bareng tanya jawab tentang IT.

Mas Aji juga sedikit sharing tentang perjalanan hidupnya dari SMP sampai bisa sukses seperti sekarang.

Mungkin cukup sekian dari saya,

Wasalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh

Share this:

Related Posts
Disqus Comments